Proyek Pembandingan Taktik-Taktik Super

Saya termasuk orang yang malas untuk membuat taktik sendiri ketika bermain FM, terutama di FM 2012 ini. Dulu pernah beberapa kali mencoba membuat taktik sendiri tetapi hasilnya amburadul. Karena ga pernah berhasil, akhirnya saya lebih suka memakai taktik orang dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan saya. Misalnya saja di taktik tersebut winger yang role nya inside forward diberi keleluasaan menembak ke arah gawang. Hasilnya, si winger sangat sering bersikap egois di lapangan dengan langsung menembak bola ke arah gawang padahal ada penyerang yang kosong, maka instruksi “shoot” nya saya rubah menjadi “rarely” dan saya perintahkan dia untuk sesering mungkin melakukan crossing dan umpan terobosan. Atau juga pemain tengah di posisi central midfield dengan Advanced Playmaker’s role, saya akan lebih cenderung mendorong posisnya maju ke depan dan meletakkannya di belakang striker.

Di situs FM Base, banyak sekali taktik siap pakai yang bisa di download. Diantara taktik-taktik tersebut ada yang merupakan taktik super. Taktik-taktik buatan para master FM ini saya katakan taktik super karena di download oleh puluhan ribu orang.

Terinspirasi dari hal ini, saya ingin mencoba melakukan riset kecil-kecilan dengan membandingkan beberapa taktik yang sangat populer di forum FM Base. Dalam proyek ini saya menggunakan tim saya saat ini, yaitu Bath City. Jumlah pertandingan yang akan dimainkan menggunakan masing-masing taktik adalah 4 pertandingan sisa musim kompetisi 2012/2013. Pemain yang akan saya mainkan merupakan pemain yang menurut saya paling cocok mengisi masing-masing posisi di taktik tersebut. Pemain tidak akan saya ganti selama 90 menit (bila mungkin), dan juga tidak akan saya rotasi kecuali cedera. Taktik yang digunakan adalah taktik asli tanpa ada modifikasi sedikitpun. Match preparation saya set Very High dan focus pada Teamwork. Tujuan riset ini bukanlah untuk mencari yang terbaik, karena bagaimanapun juga akan banyak sekali faktor-faktor bisa mempengaruhi hasil suatu pertandingan. Bisa dikatakan ini hanyalah sebuah keisengan dari saya saja.

Taktik-taktik yang akan saya bandingkan pada proyek ini adalah :

1. Zero Sea’s Wonderland (25.850 download)

2. Koflok’s Goals Galore 2012 – V3 (87.219 download)

3. JP Woody’s Germany Style Tactic 2012 (31.904 download)

Dan hasilnya adalah…

Zero Sea’s Wonderland

Nilai total 10 poin, dengan 10 kali mencetak gol dan 3 kali kebobolan

Koflok’s Goals Galore 2012 – V3

Hasil sempurna dengan 4 kemenangan, 12 memasukkan dan 5 kali kemasukan gol.

JP Woody’s Germany Style Tactic 2012

Sekali kalah di kandang lawan dengan 9 gol berhasil di cetak dan 3 gol kemasukan

Inilah hasil proyek iseng saya, semoga tidak ada yang merasa diuntungkan maupun merasa dirugikan, karena sekali lagi ini hanyalah proyek main-main. Intinya, kita semua harus memberikan apresiasi kita kepada para Master yang telah menciptakan taktik-taktik hebat ini. Karena beliau-beliau inilah kita tidak harus repot-repot membuat taktik dari nol. Terima kasih telah sudi membaca tulisan saya, dan terus ikuti cerita saya selanjutnya…

Salam Football Manager….

Categories: Downloads, Umum | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

